Jumat, 02 September 2011

Alasan Berkendara Pada Malam Hari


            Berkendara pada malam hari, khususnya di Jakarta, sudah menjadi hal yang biasa dilakukan oleh hampir semua orang. Bahkan banyak dari pengendara tersebut lebih menikmati berkendara saat malam hari (berdasarkan wawancara singkat yang saya lakukan kepada beberapa teman dan orang dekat). Mereka memiliki beberapa alasan mengapa menyukai hal tersebut, seperti kondisi jalan yang relatif lancar dan lengang, temperatur, dan pemandangan yang berbeda dari siang hari.

 
            Kondisi jalan di Jakarta pada malam hari yang relatif lancar dan lengang menjadi motif paling favorit dari beberapa teman dan orang dekat yang saya wawancarai. Kondisi jalan yang seperti itu membuat berkendara menjadi sangat nyaman dan menyenangkan karena pengendara bisa menjadi lebih santai dalam berkendara. Hal itu mendukung kondisi fisik pengendara agar tidak cepat lelah dan mengantuk. Selain itu, kondisi jalan yang seperti itu juga membuat konstannya kecepatan kendaraan sehingga mampu menghemat konsumsi bahan bakar (menurut uji coba yang dilakukan oleh salah satu produsen motor besar di Indonesia). Satu lagi keuntungan dari kondisi seperti itu adalah pengendara mampu mencapai tempat tujuannya tepat waktu, bahkan lebih awal karena lancarnya jalan tanpa ada kemacetan.
            Berkendara dengan motor sudah pasti “bersentuhan” langsung dengan udara luar yang memiliki perbedaan saat malam dan siang hari. Hal ini menjadi alasan terpopuler kedua dari para pengendara karena temperatur udara pada malam hari yang jauh lebih sejuk daripada siang hari. Udara Jakarta di siang hari yang biasanya kering dan panas membuat berkendara dengan motor terasa kurang nyaman. Oleh karena itu banyak pengendara yang lebih memilih untuk berkendara dan bepergian pada malam hari dengan suhu udara yang jauh lebih sejuk.
            Alasan terakhir yang saya dapatkan dari beberapa wawancara tersebut adalah pemandangan Kota Jakarta yang berbeda antara siang hari dengan malam hari. Mereka mengatakan bahwa keindahan Kota Jakarta pada malam hari merupakan sebuah daya tarik tersendiri yang dapat dinikmati oleh para pengendara saat berkendara pada malam hari. Banyaknya lampu-lampu dengan latar gedung-gedung tinggi dengan eksterior yang beragam membuat perjalanan dengan motor menjadi istimewa karena selain berkendara, para pengendara juga bisa menikmati pemandangan indah tersebut. Dengan menggunakan motor, para pengendara mampu melihat dengan lebih jelas keindahan dari Kota Jakarta di malam hari.
 
            Berkendara menggunakan motor pada malam hari menjadi pilihan yang diambil oleh sebagian pengendara. Alasan yang mereka berikan yaitu kondisi jalan yang lengang, temperatur yang bersahabat, dan pemandangan kota yang berbeda di malam hari. Dengan demikian, berkendara di malam hari memiliki daya tarik tersendiri bagi para pengendara kendaraan roda dua dan patut dijadikan pertimbangan untuk dilakukan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar