Senin, 04 Juni 2012

Hiduplah !


                Apakah hidup itu ? Untuk apakah hidup itu ?
                Pertama kali pertanyaan ini muncul di kepala ketika menginjak 20 tahun. Sebelumnya, sama sekali tidak terpikirkan pertanyaan-pertanyaan seperti itu. Mencoba menjawab, masuk ke berbagai situasi dipilih menjadi jalan yang akan dijalani selama pencarian dari jawaban. Seperti yang sudah dilakukan selama 19 tahun, masuk ke berbagai situasi tanpa tahu alasan dan tujuan dari apa yang dilakukan. Muncul pertanyaan baru, apakah bisa terjadi perubahan melalui cara yang sama ? Tidak.
                Kemudian pertanyaan selanjutnya, bagaimana jika cara yang berbeda dilakukan pada situasi yang sama ? Apakah mampu ditemukan jawaban dari pertanyaan di awal tulisan ? Bisa. Terlihat bahwa beberapa kejadian dalam hidup memiliki pola yang tidak jauh berbeda. Mengapa ? Karena adanya penggunaan cara yang sama pada manusia untuk mengatasi masalahnya. Hal ini dalam beberapa sisi menguntungkan. Contohnya seperti efektifitas dan efisiensi tindakan dalam mengatasi suatu keadaan yang sebelumnya pernah dihadapi. Namun demikian, tidak lepas dari kerugian. Contohnya seperti kurang berkembangnya pola pikir dan kreatifitas yang harusnya bisa dipergunakan lebih dari biasanya.
                Dobrakan pada cara lama adalah keharusan. Selain itu cara pandang baru yang terbalik ataupun dari sudut berbeda menjadi faktor utama dalam melatih pola pikir baru dan kreatifitas, seperti yang sudah disebutkan sebelumnya. Dengan adanya perbedaan, diharapkan seseorang mampu mengubah hidupnya. Tentunya menjadi lebih baik dan positif.
                Kembali ke pertanyaan awal, jawabannya ada di dalam tulisan ini. Temukan hikmah dan telaah lebih dalam setiap kejadian dan pengalaman hidup yang dialami. Niscaya ada pembelajaran baru dan unik, yang berbeda yang didapatkan oleh orang berbeda.

Jadi diri sendiri. Hidup seperti yang diinginkan oleh diri dari dalam hati.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar