Minggu, 19 Agustus 2012

Integritas Dalam Profesi


                Selepas membaca sebuah tulisan seorang dosen yang dikagumi, terbesit beberapa hal yang sebelumnya sama sekali belum terjamah. Integritas merupakan sebuah komponen penting bagi siapapun dalam menjalani profesi maupun hal lain yang mereka lakukan, kurang lebih seperti itulah kesimpulan dari tulisan tersebut. Menarik.
Hal yang menarik dari tulisan tersebut adalah ketidakmengertian akan definisi dan penggunaan kata “integritas” dalam keseharian. Tidak dipungkiri memang banyak orang yang sering menggunakan kata tersebut namun diri merasa belum puas sebelum menemukan arti sebenarnya dari kata integritas tersebut sehingga tulisan tersebut bisa lebih dimengerti dan syukur-syukur bisa diaplikasikan.
Rasa penasaran pun mulai merengek-rengek minta dipenuhi, maka dimulailah pencarian definisi dari “integritas” sebagai langkah awal dalam usaha memahami tulisan tersebut secara lebih mendalam.
                Integritas, menurut definisi yang didapatkan dari dictionary.reference.com/browse/integrity memiliki arti: 1) Adherence to moral and ethic principles; soundness of moral character; honesty. 2) The state of being whole, entire, or undiminished: to preserve the integrity of the empire. 3) Asound, unimpaired, or perfect condition: the integrity of a ship’s hull. Selain itu dari sumber lain juga didapatkan definisi integritas yaitu mutu, sifat, atau keadaan yang menunjukkan kesatuan yang utuh sehingga memilikipotensi dan kemampuan yang memancarkan kewibawaan; kejujuran (diakses dari kamusbahasaindonesia.org/integritas#ixzz23pCxdm6z).
                Dari definisi yang ditemukan, kesimpulan dari tulisan yang dibaca sebelumnya begitu dekat dengan definisi ketaatan pada prinsip-prinsip moral dan etika; kesatuan dari karakter moral; kejujuran. Dengan demikian dapat dimengerti bahwa suatu bidang pekerjaan memiliki komponen penting yang salah satunya yaitu pemenuhan tanggung jawab serta kewajiban akan pekerjaan tersebut haruslah dilakukan dengan berpegang pada prinsip moral dan etika yang berlaku. Hal ini akan mengakibatkan orang yang melakukan pekerjaan mampu secara utuh memenuhi tanggung jawab dan kewajibannya selama ia berpegang pada komponen integritas tersebut.
                Kesimpulan yang dapat ditarik ialah seseorang perlu melaksanakan kewajiban serta tanggung jawabnya dengan penuh integritas. Integritas itu sendiri memiliki makna utama yaitu keutuhan. Kaitannya dengan profesi dan pekerjaan adalah pemenuhan tanggung jawab dan kewajiban yang harus dilakukan secara utuh dengan ketaatan pada prinsip-prinsip moral dan etika yang berlaku pada profesi tersebut. Semoga semakin banyak orang-orang yang memiliki integritas disetiap profesi dan pekerjaan yang dilakukannya.

Butuh lebih banyak lagi sumber dan pembelajaran untuk meresapi serta mendalami makna dari “integritas” sehingga bisa diaplikasikan ke dalam keseharian secara tepat.

Daftar Pustaka

kamusbahasaindonesia.org/integritas#ixzz23pCxdm6z diakses pada 18 Agustus 2012 pukul 23.13

dictionary.reference.com/browse/integrity diakses pada 18 Agustus 2012 pukul 23.30.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar